Thursday, May 24, 2018

CONTOH USECASE REVESERVASI HOTEL DAN PEMBAHASANNYA


USE CASE RESERVASI HOTEL “DATANG LANGSUNG”

Nama Use Case                : Pemesanan
Aktor                     : Petugas Hotel
Pre-Kondisi         : Petugas belum menerima  Customer yang ingin melakukan pemesanan kamar
Post-Kondisi       : Petugas mengetahui Customer yang telah melakukan pemesanan kamar
Deskripsi              : Merupakan skenario proses pemesanan kamar hotel
PETUGAS HOTEL
PEMESANAN
1.    Petugas membuka aplikasi
2.    Petugas memilih menu Pemesanan
4.    Isi form data customer
8.    Memberi kode bocking kepada customer
9.    Menutup aplikasi
3.    Tampil form Pemesanan
5.    Pengecekkan isi form pemesanan
6.    Jika lengkap,aplikasi  menyimpan data pemesanan
7.    Jika tidak lengkap,kembali ke no 4




Nama Use Case                : Pembatalan
Aktor                     : Petugas Hotel
Pre-Kondisi        : Petugas belum menerima  Customer yang ingin melakukan pembatalan kamar terhadap kamar yang sebelumnya telah dipesan
Post-Kondisi         : Petugas mengetahui Customer yang telah melakukan pembatalan terhadap  kamar yang telah sipesan sebelumnya
Deskripsi                : Merupakan skenario proses pembatalan kamar hotel yang telah dipesan
PETUGAS HOTEL
PEMBATALAN
1.       Petugas membuka aplikas
2.       Memilih menu pembatalan
4.       Masukkan kode bocking customer
8.       Menyampaikan ke customer bahwa pembatalan berhasil
9.       Menutup aplikasi
3.     Tampil form pembatalan
5.     Pengecekkan kode bocking
6.     Jika terdaftar,aplikasi akan melakukan pembatalan pemesanan dengan kode bocking tersebut
7.     Jika tidak, kembali ke no 4


Nama Use Case                : Perubahan
Aktor                     : Petugas Hotel
Pre-Kondisi        : Petugas belum menerima  Customer yang ingin melakukan perubahan terhadap kamar yang dipesan
Post-Kondisi       : Petugas mengetahui Customer yang telah melakukan perubahan terhadap kamar yang dipesan
Deskripsi              : Merupakan skenario proses perubahan terhadap kamar yang dipesan
PETUGAS HOTEL
PERUBAHAN
1.       Petugas membuka aplikasi
2.       Memilih menu perubahan
4.       Masukkan kode bocking customer
8.       Memasukkan data customer yang ingin diubah
12.   Menyampaikan ke customer bahwa data telah diubah
13.   Menutup aplikasi
3.     Tampil form perubahan
5.     Pengecekkan kode bocking
6.     Jika terdaftar,aplikasi akan menampilkan form data customer
7.     Jika tidak, kembali ke no 4
9.      Pengecekkan isi form perubahan
10.   Jika lengkap,maka aplikasi akan menyimpan data form perubahan
11.   Jika tidak lengkap, maka kembali ke no 8


Nama Use Case                : Pembayaran Langsung
Aktor                     : Petugas Hotel
Pre-Kondisi        : Petugas belum menerima  Customer yang ingin melakukan pembayarankamar
Post-Kondisi       : Petugas mengetahui Customer yang telah melakukan pembayaran  kamar
Deskripsi              : Merupakan skenario proses pembayaran kamar hotel
PETUGAS HOTEL
PEMBAYARAN LANGSUNG
1.       Petugas membuka aplikasi
2.       Memilih menu pembayaran
4.       Masukkan kode bocking
8.       Jenis pembayaran
9.       Jika Cash, maka lanjut ke Use Case CASH
10.   Jika kartu kredit, maka lanjut ke Use Case KARTU KREDIT
3.       Tampil form pembayaran
5.       Pengecekkan kode bocking
6.       Jika terdaftar,tampil jumlah pembayaran
7.       Jika tidak,kembali ke no 4


Nama Use Case                : Cash
Aktor                     : Petugas Hotel
Pre-Kondisi        : Petugas belum menerima  Customer yang ingin melakukan pembayarankamar secara cash / uang tunai
Post-Kondisi       :Petugas mengetahui Customer yang telah melakukan pembayaran  kamar secara secara cash / uang tunai
Deskripsi              : Merupakan skenario proses pembayaran kamar hotel secara cash / uang tunai
PETUGAS HOTEL
CASH
1.       Petugas menerima uang cash/tunai dari customer
2.       Memasukkan jumlah uang  sesuai dengan jumlah pembayaran
6.       Menyerahkan bukti pembayaran ke customer dan menutup alikasi
3.       Melakukan pengecekkan jumlah uang
4.       Jika sesuai jumlah pembayaran, maka aplikasi menyimpan jumlah pembayaran dan cetak bukti pembayaran
5.       Jika tidak, kembali ke no 2




Nama Use Case                : Kartu Kredit
Aktor                     : Petugas Hotel
Pre-Kondisi        : Petugas belum menerima  Customer yang ingin melakukan pembayarankamar menggunakan kartu kredit
Post-Kondisi       : Petugas mengetahui Customer yang telah melakukan pembayaran  kamar menggunakan kartu kredit
Deskripsi              : Merupakan skenario proses pembayaran kamar hotel menggunakan kartu kredit
PETUGAS HOTEL
KARTU KREDIT
2.       Petugas menerima kartu kredit dari customer.
3.       Mengisi data sesuai dengan kartu kredit customer
7.       Petugas menggesekkan kartu kredit dan menentukan jumlah uang yang harus dibayar
8.       Petugas menyerahkan bukti pembayaran
9.       Menutup aplikasi
1.       Tampil form pembayaran kartu kredit
4.       Pengecekkan form pembayaran kartu kredit
5.       Jika data lengkap, aplikasi menyimpan data form pembayaran dan jumlah pembayaran serta mencetak bukti pembayaran
6.       Jika tidak, maka kembali ke no 3













RESERVASI HOTEL ONLINE
Nama Use Case                : Pemesanan
Aktor                     : Customer
Pre-Kondisi         : Belum ada customer yang melakukan pemesanan kamar melalaui website hotel
Post-Kondisi       : Customer berhasil melakukan pemesanan kamar melalui website hotel
Deskripsi              : Merupakan skenario proses pemesanan kamar hotel oleh customer melalui website hotel
CUSTOMER
PEMESANAN
1.       Customer membuka browser dan mengetikkan alamat website hotel
2.       Memilih menu pemesanan
4.       Isi form pemesanan sesuai dengan data customer
8.       Membuka email dan mendapatkan kode verifikasi
9.       Menutup Browser
3.       Tampil halaman form pemesanan
5.       Pengecekkan isi form pemesanan
6.       Jika data lengkap, aplikasi akan menyimpan data pemesanan dan mengirim kode verifikasi ke email customer
7.       Jika tidak lengkap,maka kembali ke no 4

Nama Use Case                : Pembatalan
Aktor                     : Customer
Pre-Kondisi         : Belum ada customer yang melakukan pembatalan terhadap kamar yang telah di pesan melalui website hotel
Post-Kondisi       : Customer berhasil melakukan pembatalan terhadap kamar yang telah di pesan melalui website hotel
Deskripsi              : Merupakan skenario proses pembatalan kamar yang telah dipesan melalui website hotel
CUSTOMER
PEMBATALAN
1.       Customer membuka browser dan mengetikkan alamat website hotel
2.       Memilih menu pembatalan
4.       Mengisi kode verifikasi milik customer
10.   Menerima pesan bahwa proses pembatalan berhasil
11.   Menutup Browser
3.     Tampil halaman form pembatalan
5.     Pengecekkan kode verifikasi
6.     Jika terdaftar,aplikasi akan melakukan pembatalan pemesanan dengan kode verifikasi tersebut
7.     Jika tidak, kembali ke no 4

Nama Use Case                : Perubahan
Aktor                     : Customer
Pre-Kondisi         : Belum ada customer yang melakukan perubahan terhadap kamar yang telah di pesan atau data customer melalui website hotel
Post-Kondisi       : Customer berhasil melakukan perubahan terhadap kamar yang telah di pesan atau data customer melalui website hotel
Deskripsi              : Merupakan skenario proses perubahan terhadap kamar yang dipesan atau terhadap data customer melalui website hotel
CUSTOMER
PERUBAHAN
1.       Customer membuka browser dan mengetikkan alamat website hotel
2.       Memilih menu perubahan
4.       Mengisi kode verifikasi milik customer
8.       Memasukkan data customer yang ingin diubah
12.   Customer menerima pesan bahwa data telah diubah
13.   Menutup aplikasi Menutup Browser
3.     Tampil halaman form perubahan
5.     Pengecekkan kode verifikasi
6.     Jika terdaftar,aplikasi akan menampilkan form data customer
7.     Jika tidak, kembali ke no 4
9.      Pengecekkan isi form perubahan
10.   Jika lengkap,maka aplikasi akan menyimpan data form perubahan
11.   Jika tidak lengkap, maka kembali ke no 8


Nama Use Case                : Pembayaran Transfer
Aktor                     : Customer
Pre-Kondisi         : Belum ada customer yang melakukan pembayaran  terhadap kamar yang telah di pesan dengan cara mentransfer berdasarkan instruksi dari website hotel
Post-Kondisi       : Customer melakukan pembayaran terhadap kamar yang telah di pesan dengan cara mentransfer berdasarkan instruksi dari website hotel 
Deskripsi              : Merupakan skenario proses pembayaran kamar hotel yang telah dipesan dengan cara mentrasnfer berdasarkan instruksi dari website hotel

CUSTOMER
PEMBAYARAN TRANSFER
1.       Customer membuka browser dan mengetikkan alamat website hotel
2.       Memilih menu pembayaran
4.       Mengisi kode verifikasi milik customer
8.       Transfer ke no rekening hotel sesuai dengan jumlah pembayaran dan mendapatkan kode transfer.
9.       Mengisi kode transfer
13.   Customer mendapat pesan bahwa proses pembayaran berhasil
14.   Menutup Browser
3.       Tampil halaman form pembayaran
5.       Pengecekkan kode kode verifikasi
6.       Jika terdaftar,tampil jumlah pembayaran,no rekening hotel,dan form kode transfer
7.       Jika tidak,kembali ke no 4
10.   Pengecekkan kode transfer
11.   Jika ada, maka aplikasi akan menyimpan jumlah pembayaran dam mencetak bukti pembayaran
12.   Jika tidak kembali ke no 9


No comments:

Post a Comment

CONTOH CODING LINKED LIST MENGGUNAKAN BORLAND C++

CONTOH CODING LINKED LIST MENGGUNAKAN BORLAND C++ #include<stdlib.h> #include<conio.h> #include<iostream.h> struc...